>

Blog yang Memotivasi Anda

Hot

Persaingan

Admin | 3/01/2015 01:04:00 PM | 2 komentar

barlari
Persaingan mendorong kita untuk lebih baik, berupaya extra. Tanpa persaingan, kita takkan pernah tahu seberapa jauh kita bisa mendorong kemampuan kita. Tapi persaingan ada sisi cerahnya dan ada sisi gelapnya.

Persaingan itu sehat kalau kamu bersaing terhadap dirimu sendiri, atau kalau itu menantang kamu untuk mencapai lebih tinggi dan mengerahkan segala kemampuan kamu. Persaingan menjadi gelap kalau kamu kaitkan harga dirimu dengan kemenangan atau kalau kamu menggunakannya untuk memposisikan dirimu di atas orang lain.

Kalau persaingan digunakan sebagai cara menciptakan citra diri dibandingkan orang lain, yang terburuk dalam diri seseorang akan muncul, maka rasa takut dan frustasi yang biasa menjadi sangat berlebihan. Seolah-olah ada yang percaya bahwa hanya dengan menjadi yang terbaiklah, hanya dengan menjadi pemenanglah, mereka baru bisa mendapatkan kasih serta hormat yang mereka cari-cari. 

Ciri-ciri terburuk dalam diri seorang atlit adalah takut gagal dan hasrat berlebihan untuk menang, atau sikap menang dengan segala cara.


Marilah kita gunakan persaingan sebagai tolak ukur untuk mengukur diri sendiri, tetapi marilah berhenti bersaing memperebutkan pacar, status, teman, popularitas, posisi, perhatian, dan yang seperti itu, dan mulai menikmati hidup.

Category: , ,

2 komentar

  1. Anonymous says:

    wah ...bagus nih buat menempa diri

  2. pada dasarnya tujuan dari adanya persaingan itu baik