>

Blog yang Memotivasi Anda

Hot

Buah dari Sinergi adalah kesuksesan

Admin | 3/26/2015 03:17:00 AM | 0 komentar

Sendirian, begitu sedikit yang bisa kita perbuat, bersama-sama begitu banyak yang bisa kita perbuat.

Pernahkah kamu melihat sekawanan unggas terbang membentuk formasi V? Ternyata dalam cara mereka terbang itu:

Dengan terbang dalam formasi, seluruh kawanan itu bisa terbang lebih jauh ketimbang kalau masing-masing burung terbang sendirian. Ketika seekor unggas mengepakkan sayapnya, terciptalah arus angin bagi unggas berikutnya.

Kalau unggas yang paling depan letih, ia akan pindah ke belakang dan membiarkan unggas lainnya yang memimpin.Unggas-unggas yang di belakang bersuara untuk memberikan semangat kepada yang di depan. Setiap kali seekor unggas ke luar dari formasinya, ia langsung merasakan penolakan terbang sendirian dan segera kembali ke formasinya. 

Kalau salah satu unggas ini sakit atau terluka dan ke luar dari formasinya, dua unggas lainnya akan mengikutinya turun untuk melindungi serta menolongnya.

Benar-benar cerdas, unggas itu!

Saya jadi bertanya-tanya, apa mereka ikut pelajaran mewujudkan sinergi. Hmmm...

Sinergi tercapai kalau dua orang atau lebih bekerjasama untuk menciptakan solusi yang lebih baik ketimbang kalau sendirian. Bukannya jalanmu atau jalan saya, melainkan jalan yang lebih baik, jalan yang lebih tinggi.

Sinergi adalah upah, buah lezat yang akan kamu nikmati setelah kamu lebih mahir dengan keyakinan bahwa semua orang bisa menang dan berusaha untuk mengerti orang lain terlebih dahulu. Bersikap baik sekaligus tegas. Saya takkan menginjak kamu, tetapi saya juga tidak mau jadi keset kakimu. Kamu peduli terhadap orang lain dan kamu ingin mereka sukses. Tapi kamu juga peduli terhadap dirimu sendiri, dan kamu juga ingin sukses. Ini adalah keyakinan bahwa sukses itu banyak sekali. Bukan kamu atau saya. Melainkan kita sama-sama. Bukan siapa yang mendapatkan potongan yang lebih besar. Makanannya lebih dari cukup untuk semua orang. Ibarat buffet di mana segalanya boleh kamu makan.


Belajar mewujudkan sinergi adalah seperti belajar membentuk formasi V dengan orang lain ketimbang berusaha menempuh perjalanan hidup sendirian. Kamu akan takjub betapa lebih cepat dan lebih jauh kamu bisa terbang!

Penulis :Indri Agape

Category: ,

0 komentar